Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]

Assalamualaiakum warahmatullah wabarakatuh
 
Kami seluruh pengurus Pesantren Virtual mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijiriyah 1436. Semoga tahun baru ini kita senantiasa mendapatkan rahmat dan tafiq dari Allah swt dan kedatangan tahun baru hijriyah kali ini akan membawa kita kepada perubahan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
 
Di tahun baru Hijriyah ini Pesantren Virtual merilis program Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]. Program ini didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi  GNU/General Public License. 
 
Program ini dibuat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, khususnya dengan menggunakan framework Code Igniter, yaitu framework PHP yang sangat populer di kalangan pemula.
 
Tujuan dari program ini untuk memudahkan dunia madrasah dan pesantren dalam mengelola manajeman murid dan santri, membangun database murid dan santri yang lebih sistematis dan komprehensif serta membangun tata kelola pendidkan modern dan berbasis informasi teknologi khususnya di dunia madrasah dan pesantren. Selain itu program ini juga diharapkan dapat mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software serupa di masa mendatang.
 
Secara substansi program ini memberikan fasilitas standard untuk tata kelola lembaga pendidikan seperti database murid, penerimaan siswa baru, database guru dan staff, database alumni dan rekaman kegiatan belajar dan mengajar seperti database nilai, absensi, dan informasi akademik lainnya. Dalam pengelolaan mata pelajaran dan nilai, perogam SIMAPES telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 sehingga memudahkan untuk pengembangan sistem selanjutnya sesuai keperluan Kurukulum 2013 tersebut.
 
Karena program ini juga ditujukan untuk pesantren yang biasanya mengolala sistem baording, maka program ini juga dilengkapi modul pengelolaan asrama. Modul Asrama meliputi tatakelola kamar asrama, manajemen penempatan siswa dan sistem informasi pondok atau asrama sehingga memudahkan pengolaan informasi santri atau penghuni.
 
Maraknya lembaga pendidikan yang menangani program hafalan dan tilawah Quran juga akan dimudahkan dengan program SIMAPES. Program ini menyediakan modul Tahfidz yang ditujukan untuk merekam perkembangan tahfidz atau tilawah yang diikuti murid.
 
Seperti disebutkan sebelumnya, SIMAPES merupakan program berbasis web sehingga jika program ini dijalankan secara online akan dapat diakses secara jarak jauh menggunakan internet. Modul-modul online yang disediakan program SIMAPES memungkinkan murid untuk melihat perkembangan akademisnya secara online. Begitu juga bagi orang tua dapat melihat perkembangan pendidikan anaknya secara online dengan login ke ruang siswa. 
 
Salah satu yang ingin ditekankan dalam program ini adalah kemudahaan dan penyederhanaan. Banyak program manajemen lembaga pendidikan, tetapi mengadopsi alur kerja yang rumit dan kompleks sehingga meyulitkan penerapannya dan memerlukan energi tambahan seperti training dan sosialisasi. Program ini disusun dengan pendekatan user friendly  dan self explanatory, yaitu mudah bagi pengguna dan memberikan petunjuk mandiri sehingga memudahkan semua pihak untuk menerapkannya, bahkan tanpa training atau petunjuk khusus.
 
Sebenarnya Pesantren Virtual sudah pernah merilis program serupa yaitu Administrasi Sekolah [ADSEK] pada tahun 2006. Program tersebut dapat dikatakan embrio dari SIMAPES. Hadirnya SIMAPES tidak lepas dari masukan-masukan dan permohonan berbagai kalangan dari dunia madrasah dan pesantren. 
 
Semoga program Sistem  Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES] ini bermanfaat bagi lembaga pendidikan di Indonesia dan khususnya dunia madrasah dan pesantren di Indonesia. Demo program SIMAPES dalam diakses melalui alamat http://simapes.pesantrenvirtual.com bagi yang ingin mendapatkan copy program tersebut dapat menghubungi Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 
Wassalam
Koordinator
 
 
Muhammad Niam, Lc, LLM
Ketua Dewan Asatidz
 
 
 
Ahad, 26/10/2014 17:01
 
Jakarta, NU Online
Bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1436,  Pesantren Virtual merilis program Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]. Program ini didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi  GNU/General Public License.

Menurut Penanggungjawab Progran SIMAPES, Muhammad Niam, program ini dibuat berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP, khususnya dengan menggunakan framework Code Igniter, yaitu framework PHP yang sangat populer di kalangan pemula.

“Tujuan dari program ini untuk memudahkan dunia madrasah dan pesantren dalam mengelola manajeman murid dan santri, membangun database murid dan santri yang lebih sistematis dan komprehensif serta membangun tata kelola pendidikan modern dan berbasis informasi teknologi khususnya di dunia madrasah dan pesantren,” ujarnya.

Dikatakan, dengan program ini diharapkan bisa mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software serupa di masa mendatang.

“Secara substansi program ini memberikan fasilitas standar untuk tata kelola lembaga pendidikan seperti database murid, penerimaan siswa baru, database guru dan staff, database alumni dan rekaman kegiatan belajar dan mengajar seperti database nilai, absensi, dan informasi akademik lainnya,” imbuh Niam.

Dalam pengelolaan mata pelajaran dan nilai, progam SIMAPES juga telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 sehingga memudahkan untuk pengembangan sistem selanjutnya sesuai keperluan kurikulum yang berlaku.

“Selain mempermudah dalam tata kelola pendidikan, karena program ini juga ditujukan untuk pesantren  program ini juga dilengkapi modul pengelolaan asrama. Modul Asrama meliputi tata kelola kamar asrama, manajemen penempatan siswa dan sistem informasi pondok atau asrama sehingga memudahkan pengolaan informasi santri atau penghuni,” jelasnya rinci.

Seperti disebutkan sebelumnya, SIMAPES merupakan program berbasis website sehingga jika program ini dijalankan secara online akan dapat diakses secara jarak jauh menggunakan internet. Modul-modul online yang disediakan program SIMAPES memungkinkan murid untuk melihat perkembangan akademisnya secara online. Begitu juga bagi orang tua dapat melihat perkembangan pendidikan anaknya secara online dengan login ke ruang siswa.

Demo program SIMAPES dalam diakses melalui alamat http://simapes.pesantrenvirtual.com bagi yang ingin mendapatkan copy program tersebut dapat menghubungi Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. (Mahbib Khoiron)