Puasa dan Keutamaan Rajab

Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh  dari bulan hijriah (penanggalan  Arab dan Islam). Peristiwa Isra Mi’raj  Nabi Muhammad  shalallah ‘alaih wasallam untuk menerima perintah salat lima waktu diyakini terjadi pada 27 Rajab ini.

Selengkapnya...

Hukum Mencabut Pohon Yang Tumbuh Atau Yang Ditancap Di Kuburan

Disunnahkan memancang dahan/ranting kayu yang basah di kuburan muslim sebagaimana fatwa para ulama Syafi’iyah, karena itu dapat meringankan azab berdasarkan hadits shahih. Namun kebiasaan di sebagian daerah , dimana pada waktu-waktu tertentu ada kebiasaan keluarga mayat untuk membersihkan rumput-rumput atau pohon kayu lainnya supaya kuburan nampak bersih dan tidak bersemak.

Selengkapnya...

Kekerasan Terhadap Penghina Nabi, Bolehkah?

Ada sejumlah riwayat yang sering dijadikan justifikasi sebagian kelompok untuk melakukan tindakan kekerasan kepada mereka yang dianggap menghina Nabi SAW. Saya ingin sebutkan tiga contoh di bawah ini:

1. "Ada seorang lelaki buta yang punya isteri dari bekas budaknya dan perempuan ini selalu mencela dan menjelek-jelekkan Nabi SAW. Singkat cerita, perempuan ini dibunuh oleh lelaki buta ini. Mendengar kejadian itu. Rasulullah SAW bersabda, "Saksikanlah bahawa darah wanita itu hadar" (hadar, itu maksudnya darah perempuan yang mencaci Nabi SAW itu sia-sia, tak boleh ada balasan atas pembunuhnya dan tak boleh dikenakan diyat/ tebusan darah. Jadi boleh dibunuh).

Selengkapnya...

Hukum Memakai Cincin Non Emas

Imam Suyuthi dalam Risalah berjudul al-Jawabul Hatim 'an Suaalil Khatim menjelaskan bahwa memakai cincin selain emas hukumnya tidak haram alias halal.

Tetapi ada pendapat yang mengatakan makruh dikarenakan dalil hadist Buraidah ra bahwa seseorang datang ke Rasulullah saw memakai cincin dari kuningan, lalu Rasulullah saw mengomentari "Aku sepertinya mencium bau berhala pada dirimu" lalu orang tersebut membuang cincinnya. Di hari yang lain orang tersebut datang kembali ke Rasulullah saw memakai cincin dari besi, lalu Rasulullah saw mengomentari "Aku seperti melihat perhiasan penghuni neraka pada dirimu", lalu orang itu membuangnya. Orang itu pun bertanya kepada Rasulullah saw, "lalu sebaiknya aku memakai apa?". Rasulullah saw menjawab: "Pakailah dari perak dan jangan melebihi satu mitsqal". Hadisti ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, Tirmidzi di sanadnya ada rawi yang dianggap lemah, maka Imam Nawawi dalam kitab Majmuk menganggap hadist ini Dlaif, tetapi Ibnu Hibban mensahihkan hadist ini dan mencantumkannya dalam kitab Sahih beliau. (al-Hawi 1/106).

Selengkapnya...

Hukum Mengusapkan Kedua Tangan ke Muka selesai Berdoa

Para ulama dari mazhab empat sepakat mengatakan bahwa mengusap muka dengan kedua telapak tangan setelah berdoa hukummnya sunnah. Begitu juga setelah doa qunut dalam sholat juga disunnahkan menurut mazhab Hanbali. Mazhab Syafii mengatakan tidak disunnahkan mengusap muka setelah doa Qunut.

Selengkapnya...

Merek dalam Perspektif Fiqih

Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

Selengkapnya...