Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]

Assalamualaiakum warahmatullah wabarakatuh
 
Kami seluruh pengurus Pesantren Virtual mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijiriyah 1436. Semoga tahun baru ini kita senantiasa mendapatkan rahmat dan tafiq dari Allah swt dan kedatangan tahun baru hijriyah kali ini akan membawa kita kepada perubahan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
 
Di tahun baru Hijriyah ini Pesantren Virtual merilis program Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]. Program ini didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi  GNU/General Public License. 
 
Program ini dibuat berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP, khususnya dengan menggunakan framework Code Igniter, yaitu framework PHP yang sangat populer di kalangan pemula.
 
Tujuan dari program ini untuk memudahkan dunia madrasah dan pesantren dalam mengelola manajeman murid dan santri, membangun database murid dan santri yang lebih sistematis dan komprehensif serta membangun tata kelola pendidkan modern dan berbasis informasi teknologi khususnya di dunia madrasah dan pesantren. Selain itu program ini juga diharapkan dapat mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software serupa di masa mendatang.
 
Secara substansi program ini memberikan fasilitas standard untuk tata kelola lembaga pendidikan seperti database murid, penerimaan siswa baru, database guru dan staff, database alumni dan rekaman kegiatan belajar dan mengajar seperti database nilai, absensi, dan informasi akademik lainnya. Dalam pengelolaan mata pelajaran dan nilai, perogam SIMAPES telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 sehingga memudahkan untuk pengembangan sistem selanjutnya sesuai keperluan Kurukulum 2013 tersebut.
 
Karena program ini juga ditujukan untuk pesantren yang biasanya mengolala sistem baording, maka program ini juga dilengkapi modul pengelolaan asrama. Modul Asrama meliputi tatakelola kamar asrama, manajemen penempatan siswa dan sistem informasi pondok atau asrama sehingga memudahkan pengolaan informasi santri atau penghuni.
 
Maraknya lembaga pendidikan yang menangani program hafalan dan tilawah Quran juga akan dimudahkan dengan program SIMAPES. Program ini menyediakan modul Tahfidz yang ditujukan untuk merekam perkembangan tahfidz atau tilawah yang diikuti murid.
 
Seperti disebutkan sebelumnya, SIMAPES merupakan program berbasis web sehingga jika program ini dijalankan secara online akan dapat diakses secara jarak jauh menggunakan internet. Modul-modul online yang disediakan program SIMAPES memungkinkan murid untuk melihat perkembangan akademisnya secara online. Begitu juga bagi orang tua dapat melihat perkembangan pendidikan anaknya secara online dengan login ke ruang siswa. 
 
Salah satu yang ingin ditekankan dalam program ini adalah kemudahaan dan penyederhanaan. Banyak program manajemen lembaga pendidikan, tetapi mengadopsi alur kerja yang rumit dan kompleks sehingga meyulitkan penerapannya dan memerlukan energi tambahan seperti training dan sosialisasi. Program ini disusun dengan pendekatan user friendly  dan self explanatory, yaitu mudah bagi pengguna dan memberikan petunjuk mandiri sehingga memudahkan semua pihak untuk menerapkannya, bahkan tanpa training atau petunjuk khusus.
 
Sebenarnya Pesantren Virtual sudah pernah merilis program serupa yaitu Administrasi Sekolah [ADSEK] pada tahun 2006. Program tersebut dapat dikatakan embrio dari SIMAPES. Hadirnya SIMAPES tidak lepas dari masukan-masukan dan permohonan berbagai kalangan dari dunia madrasah dan pesantren. 
 
Semoga program Sistem  Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES] ini bermanfaat bagi lembaga pendidikan di Indonesia dan khususnya dunia madrasah dan pesantren di Indonesia. Demo program SIMAPES dalam diakses melalui alamat http://simapes.pesantrenvirtual.com (login: admin, password: bismillah) bagi yang ingin mendapatkan copy program tersebut dapat menghubungi Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 
Wassalam
Koordinator
 
 
Muhammad Niam, Lc, LLM
Ketua Dewan Asatidz
 
 
 
Ahad, 26/10/2014 17:01
 
Jakarta, NU Online
Bertepatan dengan Tahun Baru Hijriyah 1436,  Pesantren Virtual merilis program Sistem Manajemen Madrasah dan Pesantren [SIMAPES]. Program ini didistribusikan secara gratis menggunakan lisensi  GNU/General Public License.

Menurut Penanggungjawab Progran SIMAPES, Muhammad Niam, program ini dibuat berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP, khususnya dengan menggunakan framework Code Igniter, yaitu framework PHP yang sangat populer di kalangan pemula.

“Tujuan dari program ini untuk memudahkan dunia madrasah dan pesantren dalam mengelola manajeman murid dan santri, membangun database murid dan santri yang lebih sistematis dan komprehensif serta membangun tata kelola pendidikan modern dan berbasis informasi teknologi khususnya di dunia madrasah dan pesantren,” ujarnya.

Dikatakan, dengan program ini diharapkan bisa mengajak dunia pendidikan Islam dan pesantren untuk terus mengembangkan software serupa di masa mendatang.

“Secara substansi program ini memberikan fasilitas standar untuk tata kelola lembaga pendidikan seperti database murid, penerimaan siswa baru, database guru dan staff, database alumni dan rekaman kegiatan belajar dan mengajar seperti database nilai, absensi, dan informasi akademik lainnya,” imbuh Niam.

Dalam pengelolaan mata pelajaran dan nilai, progam SIMAPES juga telah disesuaikan dengan Kurikulum 2013 sehingga memudahkan untuk pengembangan sistem selanjutnya sesuai keperluan kurikulum yang berlaku.

“Selain mempermudah dalam tata kelola pendidikan, karena program ini juga ditujukan untuk pesantren  program ini juga dilengkapi modul pengelolaan asrama. Modul Asrama meliputi tata kelola kamar asrama, manajemen penempatan siswa dan sistem informasi pondok atau asrama sehingga memudahkan pengolaan informasi santri atau penghuni,” jelasnya rinci.

Seperti disebutkan sebelumnya, SIMAPES merupakan program berbasis website sehingga jika program ini dijalankan secara online akan dapat diakses secara jarak jauh menggunakan internet. Modul-modul online yang disediakan program SIMAPES memungkinkan murid untuk melihat perkembangan akademisnya secara online. Begitu juga bagi orang tua dapat melihat perkembangan pendidikan anaknya secara online dengan login ke ruang siswa.

Demo program SIMAPES dalam diakses melalui alamat http://simapes.pesantrenvirtual.com bagi yang ingin mendapatkan copy program tersebut dapat menghubungi Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. (Mahbib Khoiron)

Susunan Pengurus

Pengurus Pesantren Virtual

Pengasuh
KH. Mustofa Bisri (PP. Raudlatut Thalibin, Rembang)
KH. Nashir Fattah (PP. Al-Fathimiyyah Bahrul Ulum, Jombang)


Penanggung Jawab:
Muhammad Niam, LLM

Wakil Penanggung Jawab:
M. Arif Hidayat Saiful Bahri, Lc


Dewan Asaatidz:
Amerika Serikat: Muhammad Daniar
Australia: Dr. H. Nadirsyah Hosen, LLM, MA (Hons), PhD.
Jepang:  Agus Zainal Arifin, Msc. PhD
Mesir: Shocheh Ha.
Pakistan: Muhammad Niam, LLM
Dr. Amir Faishal Fath
Dr. Abdul Ghofur Maimoen, MA
Agus Zainal Arifin, Msc. PhD
Rizqon Khamami, MA
Najlah Naqiyah, MA
Kamilia Hamidah, MA
M. Sodig AHmad, MA
Kuni Khairunnisa, Lc
M. Faridu Asrih, Lc
Ali Halim, Lc
Muhammad Yusuf, Lc
Muahirin Abdul Qodir, Lc
Abdul Hayyi al-Kattaniy, Lc
M. Arif Hidayat Saiful Bahri, Lc
Udy Andriyati, Lc
M. Luthfi Thomafi , Lc
M. Nakip Pilu, S.Pd
Zahratunnisa Hamdi, Lc

Bendahara:
Arif Rokhmat-Widianto

Teknisi
Arif Rokhmat-Widianto
Ibnu Farid Iskandar

Alamat dan Kontak
Kontak-kontak Utama
Website: http://www.pesantrenvirtual.com
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Konsultasi: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat:
Jl. Raya Pati-Tayu KM18, PATI INDONESIA
co. Muhammad Niam

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Tentang Kami

Sejarah Pesantren Virtual

Semenjak perkembangan komunikasi internet, ledakan informasi menimpa kita semua. Melalui internet, segalanya hadir tanpa ada batasan. Hal ini seperti dua sisi mata uang, mungkin digunakan untuk hal-hal yang sia-sia seperti pornografi, cybercrime, dsb. Atau, bisa digunakan pula untuk tujuan yang mulia.

Berpikir dari falsafah kebebasan informasi yang ada di internet itulah, pada 11 Agustus 1999, kami mendirikan website dakwah islam bernuansa "pesantren" di internet yang kami beri nama "Pesantren Virtual". Pesantren Vitual (PV) ingin menjadi lembaga pengkajian dan pengajaran Islam (tafaqquh fiddiin) melalui internet. PV, disamping  memberikan bimbingan keagamaan kepada masyarakat, juga menjalankan program-program pengembangan keilmuan dan keislaman. Kami akan selalu berusaha menjadi badan yang memberikan sosialisasi keagamaan di Internet, dan internetisasi keagamaan bagi segenap lapisan sosial.


Pertama kali media ini kami rintis melalui layanan antar surat (mailing list) dengan jumlah anggota saat itu, 41 orang dan baru mempunyai website sendiri pada tanggal 27 September 1999 setelah anggotanya mencapai 332 orang. Sejak April 2000, kami hadir melalui domain www.pesantrenvirtual.com. Program dakwah yang kami laksanakan saat ini dapat diikuti melalui: website di atas, mailing list, dan juga chat room online (baru dimulai Ramadan ini). Tentu saja, kami juga akan selalu membuka kemungkinan media lain semacam surat pos, media massa dan juga media elektronik (radio dan mungkin televisi). Intinya, kami selalu mencoba untuk hadir, beriring, dan sejalan dengan sebuah cita-cita: sosialisasi keagamaan kepada masyarakat, dan internetisasi keagamaan bagi segenap lapisan sosial; melalui sebuah media jarak jauh (khususnya dalam hal ini internet).

Visi, Misi dan Tujuan

Visi kami adalah sebagai wadah untuk membangun, mengembangkan dan mendayagunakan sebuah media pendidikan Islam yang berwawasan global.

Misi kami adalah membangun media, sarana dan pra-sarana yang menunjang terselenggaranya pendidikan Islam jarak jauh khususnya melalui media internet, serta media lainnya dengan menggunakan teknologi komunikasi canggih dan terpadu.

Tujuan kami adalah untuk membantu umat muslim yang kesulitan mengikuti dan mendapatkan pendidikan Islam secara formal serta memfasilitasinya dengan berbagai kegiatan yang mudah dijangkau, cepat dan lebih personal dilengkapi dengan data dan literatur ke-islam-an yang tereprcaya dan lengkap.

Sistem dan Metodologi Kajian

Saat ini kita masih menerapkan pengajian via email, yaitu dengan mengkaji kitab-kitab kuning tertentu yang kita terjemahkan dalam bahasa indonesia. Kita juga cenderung menggunakan bahasa-bahasa pengantar yang lugas dan memasyarakat, karena kita membawa misi da'wah yang memasyarakat dan lintas kelas.

Pada dasarnya kita menerapkan pendekatan yang dikombinasikan antara sistem yang modern karena kita menggunakan teknologi informasi, namun kita juga menggunakan metode-metode tradisional, layaknya sorogan dan wetonan yang ada di pesantren-pesantren tardisional. Kita juga lebih menekankan kepada dialog interkatif dengan para santri kami.

Dalam mengkaji permasalahan agama kami menggunakan pendekatan "at-ta’shil wal muqaranah" (mengembalikan kepada dalil dan perbandingan). Ini yang mungkin menarik, karena wacana perbandingan atau muqaranah masih jarang diterapkan oleh lembaga-lembaga pesantren yang ada. Dalam mengkaji masalah kami akan paparkan permasalahan dari berbagai pendapat yang ada dengan melengkapi argumentasinya dan kami serahkan santri untuk memilih pendapat mana yang baginya cocok.

Kepengurusan dan Cabang

Sebenarnya sudah disebutkan di atas, namun akan kami rincikan biar jelas. Kepengurusan saat ini ada empat lokasi, yaitu di Indonesia (Jakarta dan Surabaya), Mesir (Kairo), Pakistan (Islamabad) dan juga Amerika Serikat (Massachussetts).
 
Afiliasi dengan Partai Politik

Tidak ada. Pesantren Virtual didirikan dengan landasan idealisme murni dan merupakan impian akan komunikasi dakwah yang terbuka, efektif dan efisien. Kami tentu membuang jauh-jauh keinginan ini.

Sumber Dana dan Pengelolaannya
Seperti telah disebut di atas, dana untuk kondisi saat ini didapatkan dari donatur khusus. Kami berharap  banyak dermawan yang ikhlas membantu keberlangsungan kami, khususnya dalam mewujudkan visi dan misi kami ke depan.
 
Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri
KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah
No Rek.:  7063550374

Manajemen

PV dikelola dengan manajemen yang modern (bahkan mungkin sangat modern karena semua dilakukan secara virtual). Masing-masing kepengurusan mempunyai komunikasi dan alur tugasnya dengan sistematika yang rapi dan terdata (juga virtual). Ada bagian redaksi, pengajar, editor, dan tim web, serta pelaksana dan penanggung jawab harian. Semua dilaksanakan secara profesional (serta dilatarbelakangi dengan latar belakang profesinya masing-masing).

Yang Unik dari Pesantren Virtual
Seperti dijelaskan di depan, satu yang cukup unik (dan mungkin terasa mengagumkan) adalah manajemen kami yang terlaksana SELURUHNYA secara virtual. Komunikasi antar-pengurus dilakukan melalui e-mail. Meski ada bangunan fisik (yang juga belum permanen), tempat tersebut hanyalah semacam forum bahtsul matsail (permusyawaratan) saja guna memutuskan dan mengkaji berbagai masalah keagamaan.

Keunikan kedua, antara santri dan pengasuh belum pernah ketemu dengan pengasuhnya langsung. Bahkan lucunya, pernah para ustadz pengajar pesantren ini dimintai foto oleh santrinya biar mereka lebih saling mengenal. Banyak juga yang karena kerinduan santri dengan para pengajarnya, mereka menginginkan diadakannya silaturrahmi darat. Kami hanya bisa menjawab "kami saling berjauhan dan sulit untuk mengadakan forum tatap muka. Yang jelas kesamaan tujuan dan niat baik kita, telah mempertemukan dan mempersatukan di alam virtual". Kami berharap, dalam generasi pengurus yang ke-3 atau ke-4 nanti (saat ini kepengurusan kami adalah generasi ke-2) nantinya sudah banyak yang sudah balik ke Indonesia dan kami dapat melakukan pertemuan di darat. Bahkan, ada beberapa dari pengurus yang belum pernah bertatap muka.

Saat ini, kami sedang merampukan pelembagaan organisasi. Tentunya, kami berharap ketika hal ini datang kami dapat melakukan inovasi pendidikan dengan lebih cepat dan efektif. Saat ini, kami juga sedang menjalin kerjasama dengan berbagai pesantren di antaranya pesantren Maslakul Huda dan Mathaliul Falah, Pati, Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. Ahmad Sahal (Ketua MUI), pesantren Raudlatut Thalibien, Rembang, Jateng yang diasuh oleh KH. Mustofa Bisri (pengasuh), dan juga pesantren mahasiswa Al-Hikam, Malang.

Kekhasan lainnya, khususnya dalam pengajaran, kami lebih banyak menggunakan model tanya jawab langsung. Hal ini mirip-mirip dengan metode sorogan dari pesantren konvensional.

Rencana Ke Depan

Untuk rencana ke depan, kami berharap bisa mendirikan lembaga yang mampu memberikan pendidikan, pelatihan, tarbiyah dan workshop ke-Islaman yang sesuai tuntutan zaman. Permintaan untuk itu dari masyarakat sudah sering kami terima. Kami juga ingin merealisasikan direktori pesantren yang komprehensif, perpustakaan virtual (dan juga konvensional, tentunya) yang menyediakan wacana-wacana keislaman kontemporer, serta sistem pendidikan keislaman jarak jauh yang modern dan sistematis (perkuliahan virtual). Kami punya obsesi bahwa suatu saat kami akan mengadakan pengajian-pengajian kami secara moderen dan global melalui berbagai media seperti: conference, chat room, dan media lainnya.

Pesantren, Modernisasi dan Globalisasi
Menurut kami, pesantren, dalam sejarahnya selalu menimbulkan kekaguman, takdzim dan kebanggaan atas segala perjuangannya sebagai institusi pendidikan (dulu non-formal, sekarang sudah hampir semuanya formal) yang paling lama di Indonesia. Dalam menyikapi modernisasi hidup dan kehidupan sosial di masa mendatang, tentunya, pesantren harus selalu mampu menyesuaikan derap langkahnya tanpa meninggalkan paradigma lama yang dianutnya. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan inovasi dan pengembangan metode, konsep, acuan, atau juga bisa melalui kerjasam dengan berbagai pihak yang telah terlebih dahulu melakukannya (micalnya kami). Dan tentu saja, kami juga memulai gerak ini dengan mulai merangkul dan bekerjasama dengan berbagai pesantren yang ada.

Globalisasi adalah suatu kondisi di mana hilangnya batas-batas fisik dalam segala bidang. Globalisasi bukan hal yang menakutkan, namun juga bukan sesuatu yang menggembirakan. Sebagai konsep komunikasi global, kita dapat bertemu secara cepat, langsung dan seketika. Apakah maksud diadakannya pertemuan itu adalah masalah ‘hasil’ dari globalisasi itu sendiri. Di sinilah, lahir tesis lain globalisasi berupa kebebasan penyebaran ide melalui wadah komunikasi. Pesantren Virtual adalah salah satu upaya membangun dan menumbuhkembangan ide Islam dengan segala wacana inklusifitasnya.
Lahirnya Pesantren Virtual sendiri sudah merupakan jawaban akan perlunya pengembangan sistem pendidikan pesanren di era digital dan informasi global saat ini. Pesantren Virtual juga merupakan bukti bahwa sistem pesantren (kami melaksanakan konsep-konsep ala pesantren) juga bisa ikut meramaikan globalisasi dengan warna dan misi yang tidak berubah dari pondok pesantren konvensional yang ada. Dengan tutur kata yang lugas, langsung, tidak bertele-tele, tidak menakutkan dengan vonis-vonis ‘kaku’ dan juga menyejukkan. Bahkan, kami sering kali bercanda dan ‘usil’ terhadap santri kami dengan ledekan-ledekan dalam forum tanya jawab. Hal ini semua berpulang agar tercipta kedekatan (seperti yang ada di pesantren) dalam cita-cita utama belajar dan mempelajari Islam secara bersama-sama. Ini sesuai dengan moto kami yang ditulis dalam bahasa global “Learning Islam Together”.

Maktabah Shamila (Kitab Kuning Digital)

Maktabah Syamilah (Pustaka Lengkap)

Kitab Kuning versi Software !

Kitab kuning yang berupa Software ini bernama "Al-Maktabah al-Syamilah", Al-Ishdar 3.47 (Pustaka Lengkap, Versi 3.47), terdiri dari lebih 10.000 kitab yang dikelompokkan dalam berbagai bidang ilmu. Software ini diterbitkan oleh jaringan Da'wah Islamiyah al-Misykat.

Kitab yang selama ini mungkin hanya dinikmati melalui tulisan di kertas, baik di kertas kuning (sehinggah disebut kitab kuning) maupun di kertas putih, memerlukan usaha tersendiri untuk memilikinya, harganya yang cukup mahal, tempatnya yang harus disediakan khusus, perawatannya agar tidak dirusak oleh serangga, jamur, udara lembab, dan lain-lain. Dengan menginstall software ini, diharapkan masalah tersebut bisa teratasi.

Kitab berupa Program komputer ini gratis, tidak perlu membelinya, tidak perlu menyediakan ruangan besar untuk menampung ribuan kitab yang masing-masing bisa jadi terdiri dari puluhan juz. Kitab model ini tidak akan rusak oleh gangguan diatas, bahkan bila rusak komputernya atau rusak programnyapun, maka cukup dicopykan ulang saja dari program aslinya, Insya Allah akan bisa dinikmati kembali dengan mudah.

Software ini sangat cocok untuk para Asatidz, para Kiai, pengkaji Islam, dosen Islam, perpustakaan dan pondok-pondok pesantren. Perlu diketahui bahwa software ini berisi kitab turath Islami yang sesuai dengan faham Ahlussunnah wal Jamaah dalam berbagai versi.

Pesantren Virtual telah mendapatkan izin langsung dari Jaringan al-Misykat untuk ikut mendistribusikan software tersebut kepada kaum muslimin, pesantren-pesantren, madrasah dan lembaga-lembaga Islam yang memerlukan software tersebut secara gratis.

 

Daftar Bidang Ilmu dan Jumlah Kitab di Dalamnya


Software ini memuat berbagai kitab dalam berbagai bidang

  1. Di bidang tafsir (lebih 52 kitab) meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi, Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dll.
  2. Dalam bidang Ulumul Qur'an (lebih 43 kitab), meliputi I'rabul Qur'an, Asbabu Nuzulil Qur'an, Al-Itqan, Misykatul anwar, Fadlailul Qur'an, Majazul Qur'an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur'an lisy Sayfi'iy, Ahkamul Qur'an li Ibni Arabiy, dll
  3. Dalam bidang Fiqih, kitab di lingkungan 4 madzhab diletakkan terpisah. Untuk Madzhab Imam Syafi'y, yang tersedia antara lain Al-Umm, I'anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu'in, Asnal Mathalib, Al-Majmu', Raudlatuth Thalibin, Hasyiah Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dll.
  4. Dalam madzhab Imam Maliki (15 kitab), Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dll. Dalam Madzhab Imam Hanafi terdapat lebih 20  kitab, dan Madzhab Imam Maliki terdapat 15 kitab.
  5. Dalam bidang Tasawuf, / Akhlak terdapat Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, Sharh Hikam Atho'iyyah dll.
  6. Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta'tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu'ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam'iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur'anil Karim, Jam'ul Qur'anil Karim fi 'Ahdi Khulafair Rasyidin, dll.
  7. Maktabah Shamila Versi 2.11 telah diupdate oleh Pesantren Virtual dengan penambahan kitab-kitab turath tidak kurang dari 200 nama kitab baru, khususnya kitab madzhab Syafi'i yang sangat dibutuhkan oleh kalangan santri di Indonesia. Selain itu, versi ini juga dilengkapi dengan kitab-kitab Fikih kontemporer seperti Fikih Kesehatan, Fikih Lingkungan, Fikih Kedokteran, Fikih Narkoba, Fikih Persalinan, Ekonomi dan Perbankan Shariah dan kajian fikih kontemporer lainnya.

Semua kitab tersebut sudah lengkap dimuat dalam software ini, oleh karena itu ukurannya sangat besar, Hard Disk yang dibutuhkan minimal 4,2 Giga Byte.

Kemampuan Mencari

Kemampuan Utama software ini, diantaranya :

  • Membuka kitab apapun dengan mudah berdasarkan Juz dan Halamannya.
  • Bila sulit mencari kitabnya, ada dua pilihan, dicari berdasarkan urutan (index) huruf atau berdasarkan bidang ilmunya.
  • Bila hanya tahu sedikit kata dari judulnya, misal Ihya Ulumiddin, maka cukup ketikkan Ihya, maka akan diantarkan daftar kitab yang di judulnya tertera kata Ihya.
  • Mencari IBARAT. (Catatan : IBARAT adalah keterangan ayat / hadits / fatwa / pembahasan yang terkait dengan Jawaban yang dibutuhkan). Inilah kunci utama pentingnya software ini.

Pencarian itu dilakukan dengan memasukkan sebuah kata, dan software akan mencarinya di seluruh kitab.

  1. Bila terlalu banyak hasil pencariannya, bisa pula dibatasi pada nama kitab tertentu saja atau pada bidang ilmu tertentu saja. Misalkan pembahasan Makmum Masbuq, bisa didapat dari Kitab-kitab di bidang Hadits, bidang Fiqih (Madzhab 4), dll.
  2. Pencarian kata itu di dalam 1800 kitab bisa dilakukan, akan tetapi jelas memakan waktu dan mungkin tidak semuanya berkait langsung dengan yang diinginkan penanya.
  3. Maka dengan membatasinya hanya pada Kitab Majmu' saja mungkin akan lebih mudah. Bisa juga diperluas sedikit dengan menambah daftar kita yg akan dituju ini. Atau bahkan lebih luas lagi, yakni di seluruh kitab fiqih dalam Madzhab Imam Syafi'iy.
  4. Daerah pencarian juga bisa digabungkan dari bidang yang berbeda, misalnya dari bidang fiqih Madzhab Imam Syafi'iy ditambah Madzhab Imam Maliki, ditambah bidang Tafsir, dan bidang hadith dan lain-lain.

Kitab installable

Kelebihan lain dari software ini adalah kemampuan untuk menambahkan kitab baru dengan tanpa install ulang software secara total. Begitu juga pengguna bisa menghapus kitab-kitab yang tidak diinginkannya sesuai kebutuhan. Bahkan, pengguna juga bisa mengirimkan satu kitab, misalnya, dalam bentuk file kecil kepada pengguna lain dengan tanpa mengirimkan software secara utuh, kemudian file tersebut bisa dibaca dengan software Mini Shamila.

 

Cara Meng-Install

  • Sistem Operasi Windowsnya harus Arabic (Win 95 atau 98 Arabic), atau Win XP yang dienable Arabicnya. Bila Windows XP masih versi English atau bahasa lainnya maka dibutuhkan langkah Enable Arabic (dijelaskan di bawah). Catatan : CD asli dari Windows akan dibutuhkan ketika mengganti setting Win XP itu ke Arabic.
  • Ruang kosong di Hard Disk minimal 4.2 GB, perinciannya file asli sebesar 789 MB, hasil ekstraknya meliputi file terkait program 137 MB dan file data 3.18 GB,
  • Memory minimal 128 MB

Langkah-Langkah Install

  1. Klik file "shamela.exe"
    • Klik tombol INSTALL
    • Maka file ini akan menghasilkan sebuah direktory baru Library, yg berisi file "SETUP.EXE" dan 3 direktory lainnya
    • Double Clik (jalankan) program "SETUP.EXE"
    • Pilih direktory tempat menyimpan programnya (pada umumnya di direktory "Program files"
    • Maka akan terbentuk direktory "Al-Maktabatusy Syamilah" dalam teks Arab.
  2. Untuk menjalankannya
    • klik START, ALL PROGRAM, cari "Al-Maktabatusy Syamilah" dalam teks Arab
    • Klik "Al-Maktabatusy Syamilah" dalam teks Arab
    • Program siap menampilkan berbagai jenis kitab.



Mengenable / Mempersiapkan Win XP agar bermode Arabic

  • Klik [Start]
  • [Control Panel] [Regional and Language Options] [Languages]
  • Pada Supplemental language support, pilihlan kotak kecil yg atas (ada 2 kotak)
  • Komputer akan menginstal karakter Arab dari CD (harus sudah disiapkan CD Windowsnya).
    Sampai di sini Windows sudah siap diubah ke mode Arabic
  • Aktifkan mode Arabicnya, melalui [Control Panel] [Regional and Language Options] [Advanced]
  • Pilih Arabic, dengan nama negara apapun (asalkan bertuliskan Arabic), misalkan Mesir, Bahrain, Jordan, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan CD Maktabah Syamilah:

1. Hubungi kami melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
2. Download melalui website Maktabah Shamilah
3. Kontak Bagian Distribusi PV, Sdr. M. Fakhruddin  HP. 085293476868
 

Catatan:

  • Saat ini Maktabah Syamilah versi 10,000 kitab juga sudah tersedia di bagian distribusi Pesantren Virtual.
  • Software Maktabah Syamilah bisa didapatkan secara gratis, namun PesantrenVirtual tidak mempunyai dana untuk menggandakan CD/DVD untuk program tersebut, sementara yang berminat banyak sekali. Bagi yang ingin mendapatkan CD/DVD Maktabah Syamila melalui PesantrenVirtual dipersilahkan menanggung biaya penggantian CD/DVD dan biaya pengiriman. Buku petunjuk pengoperasion Maktabah Syamila berbahasa Indonesia juga termasuk dalam dvd/vcd tersebut.
  • Kami juga menyediakan berbagai software gratis di bidang pendidikan dan keislaman termasuk Buku Sekolah Elektronik yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional

Amtsilati

 

Amtsilati adalah metode mempelajari Qur'an dan kitab kuning secara cepat dan sistematis.

Dengan adanya metode ini, insya Allah, para pemula dapat dengan mudah mendalami Al Qur'an dan itab-kitab klasik, yang dikenal dengan sebutan "kitab kuning" Amtsilati juga dapat membantu membuka cakrawala berfikir santri yang kebanyakan merasa sulit dan berat dalam mendalami Al Qur'an.

Metode Amtsilati disusun oleh H. Taufiqul Hakim seorang pakar Bahasa Arab dan kitab Kuning.

Kitab Amtsilati terdiri dari empat jilid dan dua buah CD petunjuk.

Untuk mendapatkan Kitab Amtsilati:

1. Hubungi kami melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
2. Kontak Bagian Distribusi PV, Sdr. M. Fakhruddin  HP. 0852 90897127 email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
 

Sumbangkan Donasi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, kami mulai melangkah menjadi lembaga "pesantren virtual". Kami sedang menyusun aspek-aspek kelembagaan yang diperlukan.

Kami akan membangun dan mengembangkan sistem pendidikan keislaman kilat (short courses) pendidikan dan tarbiyah Islamiyah jarak jauh (sistem PJJ/Pendidikan Jarak Jauh) dengan pendekatan modern dan sistematis, termasuk juga di dalamnya program belajar al-Quran dan Tajwid online, program belajar Bahasa Arab Online serta program Tahfidz Online.

Mohon do'a restu dan dukungan dari semua pihak baik secara moral maupun material. Untuk mendukung terwujudnya rencana tersebut di atas, kami menerima sumbangan dan bantuan dari semua pihak, baik berupa bantuan wakaf tunai maupun non tunai, bantuan sedekah atau infaq, amal jariyah. Bantuan-bantuan material lainnya seperti buku-buku, cd-cd keagamaan, komputer baru atau bekas layak pakai, server, aksesori komputer pendukung program jarak jauh, fasilitas penyimpan data online dan fasilitas penyimpanan data online (VPS) juga sangat kami hargai.

Semoga semua bantuan Saudara sekalian akan menjadi amal jariyah yang pahalanya mengalir selama-lamanya.
Wassalam

Muhammad Niam
Koordinator Dewan Asatidz



Alamat Donasi:
Bank Syariah Mandiri
KCP Jepara
a/n: Kamilia Hamidah (anggota Dewan Asatidz)
No Rek.:  7063550374
Catatan:
Donasi mohon dikonfirmasikan ke email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.